Pada bagian ini Kami akan bahas tentang penanaman bibit kapulaga dan cengkeh untuk lahan 1 Ha di Gunung Ciung sebagai kelanjutan dari ulasan Kapulaga Hibrida Dan Gunung Ciung

Penanaman bibit kapulaga dan cengkeh untuk lahan 1 Ha akan memakan waktu 1 minggu. Untuk luas lahan 1 Ha dapat ditanamin sekitar 5000 x 2 batang pohon kapulaga dan 500 batang cengkeh. Cengkeh tumbuh baik di ketinggian 300 – 800 mdpl. Perlu diperhatikan bahwa pada saat mulai penanaman cengkeh ada saja kira-kira 20 % yang mati. Salah satu penyebabnya adalah adanya cacing nematoda yang merusak akar.

Ciri Khas Buah Kapulaga Jenis Hibrida
Bibit Tanaman Kapulaga (Foto: encrypted-tbn0)

Walaupun tanaman kapulaga kurang terawat, tanaman ini akan tetap berbuah pada waktunya. Untuk hasil panen yang maksimal, tanaman kapulaga ini harus dirawat dengan cara membersihkan gulma atau tanaman pengganggu seperti rumput serta daun daun yang menutupi buah dan bunganya. Apabila rumpun sudah terlalu banyak dan rapat, maka harus dilakukan penjarangan supaya buahnya bisa berkembang dengan maksimal.

Ciri Khas Buah Kapulaga Jenis Hibrida

Ciri khas buah kapulaga jenis hibrida, adalah

  • Tandan panjang dan buahnya besar.
  • Panennya berlangsung kontinyu karena dalam satu rumpun pasti terdapat bunga, buah muda dan buah besar.
  • Untuk jenis hibrida panen besar mulai bulan September sampai bulan Januari.
  • Penanaman bibit dilakukan dalam satu lubang diisi 2 batang bibit kapulaga hibrida. Dengan jarak tanam 1 meter. Tujuannya mempercepat anakan dalam membentuk rumpun.
  • Pemupukkan dilakukan setelah dua minggu penanaman bibit.

Baca Juga: Jenis-jenis Kapulaga Gunung Ciung

Untuk tanaman pelindung ditanam pohon cengkeh dengan jarak tanam 10 meter. Selain sebagai tanaman pelindung, cengkeh juga memiliki nilai ekonomis yang bagus tidak kalah dengan kapulaga.

Untuk lubang menanam cengkeh sebaiknya tidak terlalu dalam karena akan menyebabkan akar cengkeh membusuk. Sisakan 10% ketinggian polybag ada di atas permukaan tanah. Bahkan tanaman cengkeh yang sudah besar pun rentan diserang cacing nematoda yang hidupnya di tanah yang agak dalam. Cacing

nematoda menyerang kulit akar pohon cengkeh hingga habis dan cengkeh bisa kering dan mati. Setelah 3 tahun, pohon cengkeh dapat melindungi tanaman kapulaga di sekelilingnya.

Penanaman Bibit Kapulaga

Penanaman bibit diusahakan pada musim hujan supaya tidak kering. Penanaman kapulaga dan cengkeh secara tumpang sari ini saling menguntungkan. Cengkeh melindungi kapulaga dari sinar matahari yang berlebihan, sedangkan kapulaga mengeluarkan bau wangi yang dapat mengusir semut dan insektisida yang mengganggu tanaman cengkeh.

Agar lebih jelas dan detail, silakan nonton video di bawah ini..

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here