Saat ini, kebanyakan keluarga suka ngajak putra putri nya untuk belajar mengenal dan mencintai alam melalui kegiatan camping ceria, hiking dengan trek santai, dan lain sebagainya.

Bekal Makanan Buat Anak
Camping Di Gunung Ciung (Foto: @wisatagunungciung)

Mungkin banyak yang masih bingung tentang lokasi mana yang pas dan cocok jika anak-ajak diajak untuk lakukan kegiatan di alam. Tentunya tiap orang tua punya pertimbangan sendiri demi kenyamanan dan keamanan sang buah hati.

Dengan ketinggian 720 mdpl, Gunung Ciung merupakan salah satu tempat camping yang cocok dan ramah untuk anak-anak. Dengan alamnya yang masih benar-benar natural dan asri disertai treknya yang tidak terlalu sulit, sangatlah pas buat melatih anak bermain sambil belajar di alam terbuka.

Nah, saat orang tua sudah berani mengajak anak beraktivitas di alam terbuka seperti kegiatan camping, maka banyak hal yang harus disiapkan sebagai bekal buat anak nantinya. Hal dasar yang paling penting disiapkan adalah bahan makanan biar nanti anak tidak kelaparan sebab daya tahan seorang anak dengan orang dewasa tentulah berbeda.

Baca Juga: Kemampuan Bertahan Hidup Di Alam

Bekal Makanan Buat Anak
Anak Di Trek Wisata Gunung Ciung (Foto: @alilarubyelshanum)

Bekal Makanan Buat  Anak

  1. Beras

Beras yang paling utama karena makanan pokok kita orang Indonesia adalah nasi. Jika camping 2 hari 1 malam, siapkan 1 liter beras cukup untuk jatah makan 2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak.

  1. Telur

Biar aman dan tidak pecah, telur bisa dimasukkan dalam beras atau siapkan wadah yang khusus untuk telur. Telur ini merupakan salah satu praktis saat camping.

  1. Nugget Ayam

Selain karena nugget yang praktis dan gampang dimasak, rata-rata anak-anak suka banget makan nugget.

  1. Sosis

Sebaiknya siapkan sosis yang  siap makan agar lebih tahan lama.

  1. Chicken wings

Menu favorit saat camping yang cocok dijadikan lauk saat makan nasi. Menu yang satu ini biasanya cocok dibawa saat camping karena sudah tersedia dalam bentuk kemasan.

  1. Sup krim

Banyak merek sup krim instan yang gampang pengolahannya yang dijual di pasaran atau supermarket. Cara penyajiannya pun mudah, cukup direbus dengan air di atas kompor, lalu diaduk sampai mendidih dan mengental.

  1. Mie instan / Bubur instan

Ini bisa dijadikan pilihan karena penyajiannya sangat mudah dan disukai baik orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, banyak pilihan rasa yang tersedia baik kuah atau goreng.. yaahhh itung itung kesempatan buat coba-coba mie / bubur instan varian terbaru wkwkwk.

  1. Serat (Sayur atau Buah)

Saat camping jarang sekali orang  bawa sayur karena tidak tahan lama. Lebih praktis, gampang dan awet cukup bawa buah-buahan seperti pir, jeruk atau apel.

Baca Juga: Obat P3K Saat Camping

Camping Bersama Anak Di Gunung Ciung
Leuwi Ciung, Sentul (Foto: @wisatagunungciung)

Untuk kategori anak yang suka ngemil, orang tua perlu siapkan snack ringan misalnya roti atau coklat atau sejenis makanan ringan yang sering anak makan saat di rumah. Hal ini sangat perlu biar anak tetap semangat dan ceria..

Itu beberapa tips buat orang tua yang ingin ajak sang buah hati untuk lakukan kegiatan di luar rumah seperti camping atau hiking.

 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here