Tempat Wisata Alam Gunung Ciung menyediakan tempat camping dengan fasilitas-fasilitas yang bisa membuat pengunjung nyaman dan aman saat camping. Camping atau berkemah merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan terutama bagi seseorang yang suka banget dengan suasana alam. Meski sedikit agak merepotkan karena harus menyiapkan banyak hal, aktivitas di luar rumah seperti camping ini sangat berguna bagi kesehatan fisik dan mental juga lho…

Hal Yang Harus Dihindari Saat Camping
Wisata Alam Gunung Ciung (Foto: @bagghiy)

Tapi satu yang harus diingat bahwa kegiatan ini tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Dan juga, berkemah di alam bebas seperti gunung atau pantai mempunyai kode etik tersendiri. Banyak peraturan, anjuran, serta larangan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang harus dipatuhi dan ditaati oleh  semua penikmat alam. Tujuan agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya serta manusia bisa hidup dengan tenang dan nyaman..

Hal Yang Harus Dihindari Saat Camping

Kali ini akan diulas lima (5) hal yang harus dihindari saat camping atau hiking (mendaki gunung):

  1. Dirikan Tenda Di Tempat yang Salah

Biasanya di tiap tempat wisata alam terbuka sudah disiapkan tempat khusus yang diperuntukan buat dirikan tenda saat pengunjung ingin bermalam di tempat tersebut.

Tapi terkadang ada orang-orang yang mengabaikan anjuran tersebut dan memasang atau mendirikan  tenda di tempat sembarangan.

  1. Buang Sampah Sembarangan

Hal yang penting dan sangat diharapkan kesadaran dari tiap orang adalah untuk tidak membuang sampah sembarang. Sebagai pencinta alam atau orang yang suka melakukan kegiatan alam tentunya paham bahwa tindakan membuang sampah sembarang akan berakibat buruk buat lingkungan dan alam. Misalnya: merusak ekosistem alam, banjir, atau masih banyak lagi.

Sebaiknya saat persiapkan perlengkapan camping, jangan lupa siapkan dan bawa kantung plastik untuk mengumpulkan semua sampah yang dihasilkan selama dalam perjalanan dan camping. Dan saat turun atau selesai camping, jangan lupa bawa kantung plastik berisi sampah untuk dibuang di tempat sampah yang sudah di siapkan oleh tim pengelola wisata atau basecamp.

Baca Juga: Gunung Ciung Dan Api Unggun

  1. Mengabaikan Peraturan mengenai Api Unggun

Perlu diperhatikan bahwa ada tempat-tempat wisata tertentu yang masih mengijinkan dibuatnya api unggun. Seperti di Gunung Ciung, pengelola  tempat Wisata Alam Gunung Ciung menyiapkan api unggun buat pengunjung yang sedang camping.

Tetapi, jika tempat tersebut tidak dibolehkan untuk membuat api unggun, diharapkan untuk taati aturan tersebut.

Api Unggun Di Gunung Ciung
Api Unggun (Foto: @wisatagunungciung)
  1. Membawa Terlalu Banyak Barang

Saat persiapan untuk camping, bawalah barang-barang yang praktis dan benar-benar diperlukan. Perhitungkan dengan waktu atau lamanya kegiatan camping sehingga persediaan logistik bisa habis sesuai perhitungan. Alasan mendasar adalah biar tubuh tidak terlalu lelah karena beban bawaan yang terlalu berat.

  1. Meninggalkan jejak

Selain sampah, ada hal lain yang dianggap meninggalkan jejak pada saat camping. Misalnya, sisa api unggun, memasak, dan lahan tenda sebaiknya dirapikan dulu ketika selesai. Sisa makanan sebaiknya dibuang di tempat sampah atau kantong sampah yang sudah disiapkan. Hal ini untuk menghindari sisa makanan dimakan oleh binatang liar yang ada di kawasan perkemahan dan juga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat camping.

Kira-kira itu beberapa hal yang harus dihindari saat camping. Jika ada tambahan silakan tulis di kolom komentar yaa..