Penting bagi kita sebagai pendaki pemula untuk mengenali ciri-ciri tumbuhan beracun sebelum pergi camping atau bertualang di alam bebas.

Di alam liar, kita bisa secara tidak terduga menghadapi keadaan darurat yang mengharuskan kita mencari makanan seperti hewan atau tumbuhan dari alam liar untuk bertahan hidup.

Tanda-tanda Tumbuhan Beracun
Cemara Inggris (Foto: Wikimedia Commons)

Apabila kita tidak mempunyai pengetahuan yang cukup, maka bisa saja kita menyantap tumbuhan beracun yang bisa membahayakan nyawa kita sendiri. Oleh sebab itu mari kita belajar bersama-sama untuk mengenali ciri-ciri dari tumbuhan beracun.

Kebanyakan tumbuhan beracun mempunyai bentuk yang indah serta sedap dipandang mata. Sehingga sejumlah tumbuhan beracun justru dijadikan tumbuhan hias di rumah.

Baca Juga: Kemampuan Bertahan Hidup Di Alam

Tanda-tanda Tumbuhan Beracun

Tiga tanda umum tumbuhan beracun yang sangat mudah untuk dikenali, yaitu:

  1. Warna Mencolok

Warna mencolok pada binatang serta serangga tanda bahwa mereka mempunyai racun, yang dimiliki untuk melindungi diri mereka dari predator. Demikian juga tumbuhan yang memiliki warna bunga maupun daun yang mencolok, kontras serta berwarna-warni biasanya beracun.

Contohnya: jamur yang beracun biasanya memiliki warna yang mencolok. Dan binatang umumnya menjauhi dan tidak akan memakanya.

  1. Bau Menyengat

Umumnya tumbuhan beracun mempunyai bau yang kuat, tak enak serta menyengat. Bahkan untuk tumbuhan yang tinggi kadar racunnya, teman-teman akan merasa mual, pusing dan tidak enak badan saat mencium aromanya.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi tumbuhan beracun dengan menciumnya; bila berbau menyengat segera hindari.

  1. Tidak Dimakan Hewan

Pada umumnya tumbuhan yang dimakan oleh binatang biasanya aman juga untuk kita konsumsi. Tiap binatang termasuk serangga mempunyai insting buat menjaga diri. Mereka akan menjauhi tumbuhan beracun.

Bilamana binatang mendekati serta memakan tumbuhan tersebut, maka kemungkinan besar tumbuhan itu tidak beracun serta aman untuk kita konsumsi.

Perlu diingat: Tidak semua binatang menjauhi tumbuhan beracun, sebab terdapat sejumlah binatang yang memang kebal dan memakan tumbuhan racun tertentu.

Karakter Morfologi Tumbuhan Beracun
Tanaman Belladonna (Foto: Britannica)

Karakter Morfologi Tumbuhan Beracun

Tumbuhan mengandung racun mempunyai karakter tertentu di bagian-bagian tubuhnya. Meskipun tak baku, tapi tanda-tanda ini umumnya memang ada di tumbuhan beracun.

  • Mempunyai buah yang berwarna putih
  • Mempunyai getah yang warnanya putih
  • Berbau seperti kacang almond
  • Mempunyai biji, kacang atau umbi di dalam polongnya
  • Mempunyai rambut atau duri kecuali tanaman kaktus
  • Rasanya pahit
  • Kepala biji mempunyai taji hitam maupun pink
  • Kumpulan dengan 3 daun
  • Bunganya berbentuk payung
  • Daunnya berkilau

Baca Juga: Gunung Ciung: Rekam Jejak Sejarah

Jangan sampai terlena dengan hasil pengamatan sesaat hanya karena binatang memakannya karena belum tentu tumbuhan tersebut aman untuk dikonsumsi. Jadi, saat berada di alam harus lebih hati-hati dan paham jenis-jenis dari tanaman yang tidak boleh dikonsumsi biar perjalanan atau kegiatan campingnya tetap aman juga nyaman.

Karakter Tumbuhan Beracun
Ricinus communis atau jarak (Foto: Sains.kompas)

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here