Haiii Sahabat Pencinta dan pembudidaya Tanaman Kapulaga.. Kali ini Kami ingin membahas secara khusus proses pembudidayaan Kapulaga di Gunung Ciung.

Sekilas Tentang Kapulaga Di Gunung Ciung
Buah Tanaman Kapulaga Hibrida (Foto: encrypted-tbn0)

Sekilas Tentang Kapulaga Di Gunung Ciung

Lokasi di Puncak Gunung Ciung 950 mdpl (meter diatas permukaan laut). Karena tanaman yang akan ditanam adalah kapulaga, tempat  yang bagus ditanam di ketinggian 200 – 1000 mdpl dan harus memiliki cukup sumber air.

Sekedar info saja kalau rute menuju kebun kapulaga juga digunakan untuk hiking dan menuju camping ground. Pemandangannya cukup asri dengan adanya aliran sungai dan air terjun.

Tanaman kapulaga bagusnya hanya mendapatkan pencahayaan 30 – 70 % saja; jadi harus ada tanaman pelindung di sekitarnya. Apabila kapulaga terlalu banyak mendapatkan cahaya matahari dapat mengakibatkan tanaman kapulaga menjadi kering dan mati. Tanaman pelindung diusahakan tanaman yang juga memiliki nilai ekonomis seperti tanaman cengkeh yang juga subur ditanam di ketinggian 800 mdpl.

Keuntungan menanam kapulaga, diantaranya:

  • Dari 1 batang kapulaga dalam setahun bisa membentuk rumpun sebanyak 25 batang dan berbunga.
  • Kapulaga berbuah mulai umur 1 – 1,5 tahun.
  • Buah kapulaga menjadi komoditi yang dipakai industri makanan sebagai bumbu dan di industri farmasi sebagai kosmetik dan obat herbal.
  • Buah kapulaga ini bersifat mint dan bisa menghangatkan.

Ada 3 jenis bibit kapulaga:

  1. Hibrida agak putih bagian bawah batangnya.
  2. Lokal biasa.
  3. Lokal tapi buahnya putih.

Baca Juga: Raup Rupiah Dengan Kapulaga

Di gunung Ciung, tanaman kapulaga yang ditanam 70% bibit hibrida karena tandan buahnya panjang jadi buahnya banyak, tapi sesuai musimnya yaitu pada bulan September sampai Desember saja yang banyak tandan buahnya. Sedangkan 30 % yang ditanam bibit lokal karena walaupun tandan buahnya kecil, panennya rutin karena berbuah tiap 2 bulan sekali.

Contoh hasil panen kapulaga yang sudah kering, buahnya kemerahan, baunya harum dan rasanya hangat.

Persiapan Lahan

Untuk persiapan tanam kapulaga, dilakukan pembabatan dan pembersihan lahan kurang lebih 1 Ha. Untuk lahan yang miring digunakan metode dengan pembuatan gundukan kemudian dilubangi (tanah digali). Satu lubang ditanam 2 batang bibit kapulaga, tujuannya untuk memperbanyak anakan.

Untuk info lebih detailnya bisa ditonton di video berikut ini yaaakk..

 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here