Hampir setiap orang pasti pernah mengalami gejala masuk angin yaitu mulas (sakit perut) dan kembung. Dan rasanya sangat sangat tidak nyaman apalagi jika hal seperti ini dialami saat sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Tanaman Kapulaga Sebagai Ramuan Herbal Andalan
Ramuan Herbal Kapulaga (Foto: @sehatq)

Gejala masuk angin seperti mulas dan  kembung biasanya terjadi karena bermacam-macam hal. Bisa karena cuaca yang terlalu dingin, faktor makanan misalnya terlalu pedes, atau mungkin karena tahan buang angin (kentut).

Di zaman sekarang ini banyak sekali obat-obatan dengan berbagai merek yang bisa mengurangi dan meredakan masuk angin. Tapi untuk kali ini mimin tidak akan menjelaskan obat-obatan yang dijual di toko obat atau warung langganan kamu. Di sini akan diulas secara khusus tentang obat herbal yang bisa dipakai untuk meredakan gejala yang ditimbulkan karena masuk angin tersebut. Salah satu ramuan herbal yang bisa diandalkan adalah dengan tanaman kapulaga.

Baca Juga: Pendaki Dan Resiko Di Alam Liar

Tanaman Kapulaga Sebagai Ramuan Herbal Andalan

Dari keseluruhan tanaman kapulaga, bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman kapulaga adalah bagian buah; baik sebagai bumbu rempah maupun sebagai obat herbal yang berkhasiat. Kandungan berkhasiat dalam buah kapulaga meliputi minyak atsiri, minyak lemak, protein dan zat pati.

Tanaman kapulaga dikenal sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tanaman kapulaga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti perut mulas dan kembung karena sifatnya yang menghangatkan seperti jahe dan disertai dengan aroma sedapnya yang khas.

Dan bahan alami dari kapulaga ini dapat membantu produksi cairan pada pencernaan jadi meningkat dan meminimalisasi produksi gas.

Cara Pengolahan Kapulaga Untuk Gejala Masuk Angin

Penggunaan tanaman kapulaga sebagai obat herbal ini bisa secara tunggal ataupun dicampur dengan bahan-bahan lain. Berikut beberapa tips mengolah kapulaga untuk meredakan dan atau mengobati kembung dan mulas akibat masuk angin.

  1. Bahan Rebusan: Kapulaga

Cara pengolahannya:

  • Cuci bersih buah kapulaga yang sudah dipetik.
  • Keringkan buah kapulaga dengan cara diangin-anginkan saja.
  • Usahakan jangan sampai terkena sinar matahari langsung dan jangan terlalu lama dikeringkan.
  • Sangrai 7 butir buah kapulaga
  • Tumbuk kasar semua bahan tersebut.
  • Bahan yang sudah ditumbuk kasara tersebut diseduh dengan 100 ml air.
  • Saring ampasnya dan minum secara rutin sampai rasa mulas dan kembung hilang.
  1. Biji kapulaga bisa langsung dikunyah

Sebaiknya dilakukan  2 sampai 3 kali  sehari untuk meredakan gejala masuk angin.

  1. Minum Wedang Kopi Rempah / Kopi Uwuh

Wedang kopi rempah (kopi Uwuh) merupakan perpaduan antara Kopi Robusta dengan rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, kayu manis dll. Campuran ini yang membuat kopi berasa rempahnya dan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya bisa menghangatkan badan dan meredakan masuk angin.

  1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah sejenis minuman tradisional yang merupakan hasil racikan yang berasal dari jahe, kayu secang, kayu manis, serai, kapulaga dan manis gula batu.

Baca Juga: Raup Rupiah Dengan Kapulaga

Cara Pengolahan Kapulaga Untuk Gejala Masuk Angin
Kapulaga Dan Campuran Rempah Herbal (Foto: @fimale)

Buat yang belum pernah dan penasaran dengan khasiat dari tanaman herbal ini, boleh langsung dicoba yaaa..

Jika ada tambahan atau masukan bisa langsung tuliskan di kolom komentar ..

 

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here