Bagi pecinta alam yang suka berada di alam liar harus dibekali kemampuan untuk bisa bertahan hidup di alam liar. Kemampuan ini juga dapat menyelamatkan jiwa kita serta orang yang ada di sekitar jika berada dalam keadaan darurat.

Kemampuan Yang Membantu Untuk Bertahan Hidup Di Alam Bebas
Trek Wisata Gunung Ciung (Foto: @wisatagunungciung)

Kemampuan Yang Membantu Untuk Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Di bawah ini ada 5 kemampuan dasar untuk pencinta alam yang harus dikuasai sebelum berada di alam liar:

  1. Membuat Api Unggun

Ketika camping pasti teman-teman harus bisa membuat api unggun yang tepat serta aman.

Kumpulkan bahan berikut ; batu-batu, daun kering, ranting kecil kering, ilalang kering, ranting dan dahan kayu besar yang kering.

Buat lingkaran dari batu-batu yang ada di lokasi, kumpulkan daun kering, ranting kecil serta ilalang kering. Tumpuk membentuk bulatan di bagian tengah sebagai sumbu. Tata kayu membentuk piramida agar bisa menyalakan api unggun dengan sempurna. Siapkan seember air di dekat api unggun untuk menjaga agar api unggun tidak terlalu besar.

  1. Menangani Gigitan Ular

Ular ialah binatang melata yang banyak hidup di alam bebas. Ular dengan mudah menyelinap dan tak jarang kita tak menyadari adanya ular di sekitar kita.

Jika seseorang digigit ular, dia harus tetap tenang, jangan menggerakan area yang digigit, serta melonggarkan pakaian yang ketat. Bawa penderita ke tempat perawatan medis sesegera mungkin untuk mendapatkan obat antibisa.

  1. Menangani Luka Bakar

Luka bakar di alam bisa terjadi di saat camping dan terkena api unggun, air panas, mesin kendaraan yang panas.

Penanganan luka bakar tergantung tingkat keparahan. Luka bakar ringan bisa ditangani dengan perendaman air dingin dan lidah buaya. Untuk luka bakar berat dan serius membutuhkan penanganan medis segera untuk mendapatkan obat salep antiseptik dan antibiotik.

Baca Juga: Gunung Ciung: Rekam Jejak Sejarah

  1. Membaca Peta serta Kompas

Di era modern seperti saat ini kemampuan untuk membaca peta serta kompas telah hampir ditinggalkan. Namun apa jadinya jika teman-teman bertualang ke wilayah yang jauh dari jangkauan sinyal dan jaringan internet?

Di sinilah pentingnya, teman-teman membawa kompas dan peta manual serta mempunyai kemampuan menggunakan kompas dan menggunakan peta dengan benar.

  1. Mengenali Tanaman Beracun

Kadang kala di saat lagi asik berpetualang di alam bebas kita mengalami ruam dan gatal pada kulit. Hal ini sering kali terjadi saat tanpa sadar kulit kita bersentuhan dengan tumbuhan beracun yang kita lewati. Racun pada tumbuhan inilah penyebab kulit kita kemerahan dan timbul reaksi alergi.

Beberapa jenis tumbuhan yang dapat menimbulkan reaksi tersebut pohon oak, pohon ivy maupun pohon sumac.

Selain itu, sangatlah penting untuk mengetahui mana saja tumbuhan yang bisa kita manfaatkan untuk makanan serta obat di kala keadaan darurat.

Mengenali Tanaman Beracun
Kemah Di Area Gunung Ciung (Foto: @wisatagunungciung)

Itu beberapa kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang yang suka dan mencintai alam. Jika ada tambahan boleh tuliskan di kolom komentar yaaa..

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here