Mendaki gunung bisa dikategorikan sebagai suatu aktivitas olahraga berat. Karena untuk melakukan kegiatan ini sangat diperlukan kondisi fisik dan kebugaran pendaki yang benar-benar sehat dan kuat.

Dengan melakukan kegiatan di alam liar, para pendaki harus sadar akan adanya bahaya yang akan menghadang mereka. Misalnya: cuaca atau suhu udara di gunung yang lebih dingin, angin yang kencang, badai di gunung, hujan serta petir tanpa tempat bernaung, kondisi permukaan tanah curam yang dapat menyebabkan orang jatuh, tanah atau batu longsor, atau gangguan binatang buas di malam hari.

Persiapan Mendaki Gunung
Para Pendaki Gunung (Foto: Hipwee)

Jika seandainya pendaki sadar maka pastilah kejadian kecelakaan atau musibah saat mendaki itu lebih bisa dihindari. Hanya saja, akhir-akhir ini sering kali pendaki pemula menganggap mendaki gunung sebagai rekreasi biasa. Kebanyakan mereka lalai dengan persiapan fisik maupun perlengkapan pendakian. Bahkan tidak jarang badan mereka hanya berlapiskan kaus oblong dengan bekal biskuit atau air ala kadarnya saja.

Berikut ini mimin akan mengulas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung terutama untuk pendaki pemula.. Disimak yaaaa..

Baca Juga: Apa Jadinya Camping Tanpa Kompor

Persiapan Mendaki Gunung

Persiapan umum jika ingin mendaki gunung antara lain:

  1. Kesiapan Mental

Mental sangat berpengaruh bagi seorang pendaki karena apabila mentalnya sedang fit, maka fisik tentunya akan fit. Namun bisa saja terjadi sebaliknya; mental fit tapi fisik tidak fit.

  1. Kesiapan Fisik

Sebelum berangkat mendaki gunung, sebaiknya latihan fisik dulu sebagai persiapan agar otot tidak kaku dan badan jadi lebih kuat. Latihan fisik yang bisa di lakukan, misalnya: stretching  atau perenggangan, jogging , sit-up, push-up dan pull-up. Latihan fisik ini dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing  dan ada baiknya ditingkatkan latihannya dari latihan yang sebelumnya biasa dibuat.

  1. Kesiapan Administrasi

Persiapkan semua persyaratan perlengkapan yang diperlukan untuk perijinan memasuki kawasan yang akan dituju.

  1. Kesiapan pengetahuan dan ketrampilan.

Pengetahuan dan keterampilan yang dimaksud adalah soal ketahanan fisik dan mental untuk hidup di alam bebas. Kemampuan dasar yang penting bagi pendaki adalah pengetahuan tentang navigasi darat, survival serta EMC (Emergency Medical Care) praktis.

Perencanaan Pendakian
Pendaki Dan Lautan Awan (Foto: @katakerja)

Perencanaan Pendakian

Jika ingin dan punya planning mendaki gunung, perencanaan yang harus dibuat adalah:

  1. Mencari informasi seputar gunung yang akan menjadi target mendaki.
  2. Aturlah perencanaan secara detail dan rinci. Misalnya: berapa lama kegiatan berlangsung, perlengkapan apa yang dibutuhkan, makanan yang harus dibawa, perkiraan biaya perjalanan, bagaimana akses mencapai tempat (gunung) tersebut, dan yang terpenting bagaimana prosedur pengurusan ijin mendaki di daerah tersebut.
  3. Mengenali kemampuan diri dalam tim saat berada di alam.
  4. Mempelajari medan yang akan ditempuh.
  5. Buatlah list segala perlengkapan yang akan dibawa

Baca Juga: Curug Eksotis Di Kaki Gunung Salak

Kira-kira itu beberapa langkah awal yang perlu dipersiapkan oleh seorang pendaki pemula sebelum mulai melakukan kegiatan pendakian. Hal ini sangat penting untuk mengurangi dan menghindari segala resiko yang bakal terjadi saat berada di alam atau gunung.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here