Tanaman Kapulaga yang ditanam dan dikelola oleh masyarakat itu ada dua jenis, yaitu kapulaga lokal dan kapulaga sabrang. Ada beberapa hal yang membedakan dua jenis kapulaga ini. Dan pada topik kali ini secara khusus diulas tentang bagaimana produktifitas kapulaga.

Produktivitas Kapulaga
Tanaman Kapol (Foto: agrotek.id)

Produktivitas Kapulaga

Beberapa perbedaan jenis kapulaga lokal dengan kapulaga sabrang; diantaranya:

  1. Kapulaga Lokal merupakan tanaman dataran rendah, sedangkan Kapulaga Sabrang adalah tanaman dataran tinggi. Kapulaga lokal adalah tanaman dataran rendah. Dimana tanaman ini hanya bisa tumbuh baik dan berproduksi optimal pada lahan dengan ketinggian mulai dari 0 sampai dengan 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sebaliknya, Kapulaga Sabrang justru hanya mau tumbuh baik di dataran tinggi mulai dari 700 sampai dengan 1.500 mdpl.
  1. Perbedaan jumlah dan bentuk buah. Buah kapulaga lokal tumbuh berupa dompolan yang menempel di atas tanah. Tiap dompolan berisi antara 10 sampai dengan 20 butiran buah. Buah kapulaga lokal berbentuk bulat. Diameternya sekitar 1 cm. Dalam buah tersebut ada segmen-segmen yang terpisah dan berisi butiran biji. Sedangkan buah Kapulaga Sabrang berbentuk lonjong yang muncul dari batang semu dekat tanah dan merayap bersama tandannya yang sepanjang 1 m ke tanah sekitarnya.

Baca Juga: Kapulaga: Tanaman Obat Keluarga

  1. Produktivitas kapulaga lokal dengan kapulaga sabrang juga berbeda. Kapulaga lokal dengan sistem tanam tumpangsari dengan populasi 1.400 tanaman per hektar akan mampu berproduksi sekitar 2,8 – 3 ton buah basah per tahun. Sedangkan produksi kapulaga sabrang var. malabar lebih tinggi yakni 4,2 – 4,5 ton per hektar per tahun. Sementara var. mysore hanya sekitar 2 ton per hektar per tahun. Sehingga yang selama ini lebih banyak dikembangkan oleh para petani hanya var. malabar.
  1. Kapulaga lokal sudah mampu berproduksi pada umur 1,5 tahun setelah tanam dengan bibit anakan yang baik. Sementara kapulaga sabrang, baik yang malabar maupun mysore baru mulai berbuah pada umur 2 tahun.
  2. Perbandingan harga kapulaga. Harga kapulaga lokal selalu lebih murah dibanding kapulaga sabrang. Biasanya harga kapulaga sabrang tiga kali lipat dibanding kapulaga lokal.
  1. Kalau yang ditanam kapulaga lokal (ketinggian lahan di bawah 700 mdpl), maka hasilnya per rumpun per tahun kira-kira 2 kg buah kapulaga basah atau 0,5 kg kapulaga kering. Berarti dari tiap hektar dengan populasi 1.400 sampai 1.500 rumpun kapulaga lokal itu akan didapat hasil 2.8 sampai dengan 3 ton buah basah atau 560 kg sampai 600 kg kapulaga kering. Buah kering (bobot buah kering ± 20% dari bobot buah basah).
Perbandingan harga kapulaga
Tanaman Kapulaga Kering (Foto: bisnisukm.com)

Mudah-mudahan ulasan ini dapat bermanfaat yaaa.. Untuk info dan tanggapan bisa langsung tuliskan di kolom komentar..

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here