Jika kamu suka kegiatan di alam terutama camping, maka salah satu hal yang sangat wajib tahu adalah memasak. Karena pada saat berada di alam tentunya kamu perlu asupan makanan agar bisa tetap sehat, kuat, dan stamina terjaga dengan baik. Cara memasak yang mungkin perlu ketelitian adalah memasak nasi dengan menggunakan nesting.

Nesting merupakan perlengkapan wajib yang dimiliki seorang pencinta alam untuk memasak.

Langkah-langkah Memasak Menggunakan Nesting
Memasak Nasi Di Gunung (Foto: merdeka.com)

Langkah-langkah Memasak Menggunakan Nesting

Tentunya tidak semua orang atau pendaki bisa memasak terutama nasi menggunakan nesting. Terkadang saat memasak nasi hanya sekedar merebus beras hingga empuk tetapi nasinya tidak matang secara merata bahkan ada kerak nasi di dasar nesting.

Berangkat dari keadaan dan mungkin pengalaman dari beberapa orang tentang gagalnya memasak nasi saat camping, sehingga untuk kali mimin akan membahas secara khusus tentang cara atau teknik memasak nasi menggunakan nesting dan atau peralatan sederhana lainnya yang biasa dipakai saat camping atau naik gunung.

Langkah-langkah memasak nasi menggunakan nesting:

  1. Siapkan perlengkapan untuk memasak; diantaranya nesting beserta tutupnya, kompor (fuel, spirtus, parafin, kayu bakar), dan sendok untuk mengaduk.
  2. Siapkan beras yang ingin dimasak.
  3. Harus mengetahui takaran beras sebelum mulai masak. Misalnya, untuk porsi satu orang diperkirakan takaran untuk perbandingan beras dan airnya adalah 1:2 (1 gelas air untuk 2 gelas beras).
  4. Jangan lupa untuk lebih sering mengecek dan mengaduk sampai nasi benar-benar matang dan pulen.

Baca Juga: Pendaki Dan Resiko Di Alam Liara

Teknik Dan Seni Memasak Saat Camping Atau Di Gunung

Biar tidak bosan dan masakan yang diolah memiliki cita rasa yang gurih dan enak, berikut akan dibahas teknik dan seni memasak saat berada di alam bebas.

  1. Siapkan beras sebanyak 2 gelas lalu cuci beras dengan air kurang lebih 2 kali agar terjaga kebersihannya.
  2. Panaskan air sesuai dengan takaran yang sudah dibahas di awal tadi (1 gelas air) dengan nesting menggunakan api besar. Perlu diperhatikan kalau cukup sampai panas saja, jangan sampai mendidih.
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam air yang sudah panas, lalu tutup dengan penutup nesting. Masak dengan menggunakan api sedang dan tunggu sampai mendidih. Saat proses ini harus dijaga dan sebaiknya jangan ditinggal kemana-mana karena sering saat proses ini yang buat nasi berkerak.
  4. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan aduk-aduk. Di sini fungsinya supaya air meresap secara merata ke beras.
  5. Tutup rapat nesting dan bila perlu berikan pemberat di atas tutupan nesting agar uap air yang keluar tetap stabil. Anggap saja seperti memasak nasi pakai rice cooker di rumah atau kost.
  6. Tunggu kira-kira 10 – 15 menit sampai nasi benar-benar matang dan pulen. Dan di proses akhir ini, jangan terlalu sering buka penutup nesting, cukup sesekali saja untuk memastikan nasi tidak
  7. Setelah nasi sudah matang, buka penutup nesting dan aduk-aduk lagi biar lebih rata matangnya kemudian diamkan beberapa menit agar nasi tidak basah.
  8. Angkat dan dinginkan. Nasi telah siap dihindangkan.
Teknik Dan Seni Memasak Saat Camping Atau Di Gunung
Memasak Nasi Biar Matang (Foto: impreesa-xtream.com)

Demikian teknik dan seni memasak nasi saat camping atau di gunung menggunakan nesting. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Jika kamu punya tips atau cara berbeda, silakan tulis di kolom komentar yaaahh..

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here