Saat camping atau berkemah, salah satu perlengkapan yang wajib ada dan dibawa adalah tenda. Untuk saat ini kita tentunya tidak harus punya tenda sendiri karena biasanya di tempat-tempat camping disediakan tenda untuk disewakan. Atau, ada pula tempat-tempat seperti rental alat-alat outdoor yang menyediakan barang-barang perlengkapan camping dan bisa disewakan.

Macam-macam Tipe Tenda
Camping Di Gunung Ciung (Foto:@wisatagunungciung)

Macam-macam Tipe Tenda

Berikut akan dibahas macam-macam bentu tenda:

  1. Tenda Dome

Dinamakan tenda Dome karena bentuknya mirip kubah, dengan tiang rangka yang melengkung serta gampang dibongkar-pasang.

Jenis tenda ini sangat banyak di pasaran dan harganya pun relatif lebih murah.

  1. Tenda Pop-Up Dome

Jenis tenda Pop-Up Dome ini merupakan pengembangan dari tenda dome. Untuk penggunaannya lebih praktis dan mudah untuk cara pemasangannya.

Tenda jenis ini sangat cocok untuk para pendaki pemula. Tapi perlu diperhatikan bahwa jenis tenda ini sangat tidak disarankan untuk aktifitas kemah di pedalaman maupun keadaan cuaca yang kurang bersahabat.

Sesuai dengan namanya ‘pop-up’ yang berarti ‘langsung jadi bentuk saat dibuka’. Cara penggunaannya, cukup buka lipatannya lalu pasang sebuah kait di tenda telah siap digunakan.

  1. Tenda Ridge

Tenda Ridge berbentuk  seperti rumah beratap segitiga. Tenda ini terdiri atas berbagai macam ukuran, mulai dari yang berkapasitas kecil hingga besar. Cara pasang tenda ini dengan tali dan tiang agar bangunannya kokoh di segala situasi.

Kapasitas maksimal tenda antara 11 sampai 13 orang. Banyak orang memilih tenda ridge karena bahannya lebih kuat dari kebanyakan jenis tenda lainnya. Dan di saat cuaca buruk atau angin kencang, kamu bisa  berlindung dengan aman di dalam tenda ridge.

Untuk proses pemasangan tenda relatif lebih gampang sehingga tidak terlalu merepotkan wisatawan. Namun, pengaturannya agak lebih kompleks dibandingkan tenda lainnya.

Baca Juga: Manjakan Diri Di Curug Leuwi Ciung

  1. Tenda Tunnel

Tenda Tunnel ini sangat unik karena terlihat begitu terbuka. Dan tenda jenis ini cocok dipakai wisatawan untuk berkemah di alam bebas.

Ciri khas tenda ini terletak pada bagian tengah yang dilengkapi frame dengan ukuran lebih tinggi dari area pinggir dan berbentuk menyerupai terowongan memanjang. Bagian dalam tenda begitu luas sehingga wisatawan dapat menempatinya dengan nyaman.

Proses pemasangan tenda Tunnel memerlukan aktu yang lama dan memerlukan tenaga lebih dari satu orang.

  1. Tenda Lonceng

Keunikan dari tenda ini adalah bentuknya yang mirip sebuah lonceng. Orang biasa menggunakan tenda ini untuk camping pada saat cuaca cerah atau musim kemarau

Sangat tidak disarankan untuk membawa tenda ini saat berencana camping di alam terbuka atau hutan.

Macam-macam Tipe Tenda
Gazebo Gunung Ciung (Foto: @wisatagunungciung)

Untuk saat-saat seperti sekarang ini, kegiatan camping selalu jadi pilihan buat menghabiskan waktu liburan. Dan Wisata Alam Gunung Ciung memiliki penawaran menarik buat buat kamu yang suka dengan alam.

Gunung Ciung menyediakan area khusus untuk camping dengan kapasitas 30 tenda dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang bakal buat pengunjung nyaman dan aman saat bermalam di sana.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here